Dont be scared to try something ..

Cara Mempertajam Ingatan Otak Kita

1. Kurangi Makanan yang Berlemak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan minyak bisa memicu terjadinya penebalan pembuluh darah yang mengakibatkan peredaran darah ke seluruh tubuh melambat. Akhirnya otak kita kekurangan persediaan darah, sehingga tidak dapat bekerja secara optimal (yang kemudian kita artikan sebagai sering lupa).

2. mengkonsumi beberapa vitamin yang bisa menjaga kesehatan otak seperti vitamin B kompleks, vitamin C dan E ginkgo biloba

3. Memperbanyak Sujud dan Puasa: perubahan kedudukan akan turut membantu memulihkan kesehatan. Dalam keadaan sujud, di mana posisi jantung lebih tinggi dari kepala membuat aliran darah mudah menuju ke kepala. Darah yang berisi oksigen itu memang sangat dibutuhkan oleh otak guna mengoptimalkan fungsinya. Karena itu, memperpanjang sujud, khususnya pada salat tahajud, akan memberikan kesempatan kepada otak memenuhi kebutuhan oksigen secara maksimal. Sedangkan puasa menyebabkan otak akan banyak mengeluarkan omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel saraf. Puasa juga dapat menurunkan level lipid peroksidase, yaitu suatu enzim yang dapat menghasilkan radikal-radikal bebas dan meningkatkan level dehidroepiandrosteron, yaitu suatu hormon yang penting untuk optimalisasi fungsi otak. Tidak mengherankan jika Rasullulah berkata bahwa puasa itu menyehatkan.

4. Olahraga, bermanfaat meningkatkan aliran darah ke otak dan produksi faktor-faktor pertumbuhan untuk syaraf.

5. Melatih otak, mengisi teka-teki, main catur, mendengarkan musik nostalgia dan berkesenian, dapat membantu mempertahankan kemampuan kognitif. Latihan tersebut mendorong berkembangnya dendrit dan meningkatnya plastisitas sistem syarat pusat.

6. Selalu Berfikir positif, berfikir positif dapat mengurangi stress.

7. Tidur teratur dan cukup, kurang tidur ternyata memengaruhi kinerja otak sehingga menyebabkan pikiran seseorang cenderung pelupa atau primitif. Kurang tidur memang tidak menyebabkan seseorang merasa lelah atau mudah emosi, Mereka yang kurang tidur terlihat mengalami gangguan pada pendulum-nya sehingga terlihat seperti orang kehilangan keseimbangan. Jado kalau merasa lelah sebaiknya tidur, jangan di tahan. Biarkan otak beristirahat =)

1 komentar:

cikita madinah mengatakan...

bagusssss
banguet....

Posting Komentar